Just another WordPress.com site

AUDIT BAB 11 :

“RISIKO DETEKSI & PERENCANGAN PENGUJIAN SUBSTANTIF ”

  1. Mengevaluasi tingkat pengujian substansi yang direncanakan untuk setiap asersi Lap.keu yang signifikan, auditor akan mempertimbangkan bukti yang diperoleh. Auditor membandingkan tingkat aktual / final tentang keyakinan yang diperoleh dari prosedur tersebut dengan penilaian tingkat risiko bawaan yang direcanakan, risiko prosedur analitis dan risiko pengendalian.
  2. Merevisi Risiko deteksi yang direncanakan. Jika penilaian risiko tidak dikuantifikasi, risiko deteksi yang direvisi ditentukan dengan pertimbangan (judgment) / dengan penambahan matriks risiko.
  3. Perancangan Pengujian Subtantif :

(1)       Sifat : pengujian subtantif mengarah pada jenis & efektivitas prosedur pemeriksaan yang dilakukan dan sebaliknya. Jika tingkat risiko deteksi yang dapat diterima tinggi, prosedur yang kurang & efektif dan murah dapat dilakukan,@ 4 jenis pengujian substantif : proseudr analitis, pengujian rincian transaksi, pengujian rincian atas saldo, & pengujian estimasi-estimasi akuntansi,

(2)       Waktu : Tingkat risiko audit dapat diterima dipengaruhi penentuan waktu pengujian substantif,jika risiko deteksi tinggi,pengujian dapat dilakukan beberapa bulan sebelum akhir tahun,sebaliknya,jiak risiko deteksi untuk suatu asersi rendah, pengujian substantif dilakukan pada/ mendekati tanggal akun.

(3)       Luas : auditor dapat mengubah jumlah bukti yang diperoleh dengan mengubah luas pengujian substantif yang dilakukan untuk meratakan jumlah item / sampel dimana pengujian substantif / prosedur tertentu diterapkan,

(4)       Pemilihan staff  : pengujian substantif harus ditugaskan kepada personil dengan keahlian, kemampuan, & pengalamanyang cukup.

  1. Penggunaan teknologi informasi untuk mendukung pengujian substantif. Auditor dapat menggunakan paket perangkat lunak audit untuk membuat audit lebih efektif & efisien.
  2. Hubungan antara asersi, tujuan audit khusus, dan pengujian substantif adalah tujuan menyeluruh audit laporan keuangan adalah menyatakan pendapat apakah Lap keu klien disajikan secara wajar dengan mengembangkan sejumlah tujuan audit khusus setiap akun berdasarkan 5 asersi laporan keuangan yang dapat menentukan apakah pengujian telah diidentifikasi untuk mencapai tujuan audit khusus yang ada dalam setiap asersi.
  3. Program audit ilustratif untuk pengujian substantif : untuk mengilustrasikan format program audit untuk pengujian substantif dan bagaimana pengembangannya. Keputusan auditor mengenai rancangan pengujian substantif diperlukan untuk pendokumentasian pada kertas kerja dalam bentuk program audit tertulis.

Program audit : daftar prosedur audit yang akan dilakukan.

  1. Kerangka Kerja Umum pengembangan program audit untuk pengujian substantif adalah program audit dalam perikatan awal & program audit dalam perikatan berulang.
  2. Pertimbangan khusus dalam merancang pengujian substantif :

(1) Akun-akun laporan laba-rugi => pendekatan L/R lebih efisien dan logis karena setiap akun lap L/R berkaitan dengan satu / lebih akun-akun neraca.

(2) prosedur analitis untuk akun-akun lap L/R=> pengujian langsung terjadi ketika akun pendapatan dan biaya dibandingkan dengan relevan lainnya untuk menentukan kewajaran saldo tersebut,

(3) Pengujian rinci atas akun-akun Lap L/R => pengujian rinci dapat terjadi karena : risiko bawaan tinggi, risiko pengendalian tinggi, prosedur analitis menemukan adanya fluktuasi hubungan yang tidak biasa dan tidak diharapkan, akun memerlukan analisis.

(4) Akun-akun yang ada dalam transaksi puhak yang mempunyai hubungan istemewa.

  1. Perbandingan pengujian pengendalian & pengujian  substantif :
  • prosedur audit yang dipakai (1) pengendalian: dengan pengajuan pertanyaan , observasi, inspeksi, pelaksanaan kembali pekerjaan, dan teknik audit berbantu komputer. (2) substantif : sama dengan pengujian pengendalian ditambah prosedur analitis, perhitungan, konfirmasi, penelusuran, dan pemeriksaan.
About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Tag Cloud

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: