Just another WordPress.com site

Studi Kasus 3: Aviall, Inc Dari Kegagalan Menuju Keberhasilan Teknologi Informasi

Chapter  1  halaman 52 (O’Br)

Mengapa Aviall gagal dalam mengimplementasikan system ERP? Apa yang seharusnya apat mereka lakukan dengan cara yang berbeda?

Sistem ERP adalah sebuah terminologi  yang dapat mendukung transaksi atau operasi sehari-hari yang berhubungan dengan pengelolaan sumber daya sebuah perusahaan, seperti dana, manusia, mesin, suku cadang, waktu, material dan kapasitas. Sistem ERP dibagi atas beberapa sub-sistem yaitu sistem Financial, system Distribusi, sistem Manufaktur, sistem Maintenance dan sistem Human Resource.

Mekanisasi proses kerja dengan menggunakan ERP, mengharuskan para karyawan untuk mengirimkan informasi pada satu sumber. Dengan memusatkan tempat penyimpanan data pada satu tempat, maka tercipta kemudahan untuk mendapatkan berbagai data, karena setiap departemen/divisi mengirimkan data mereka pada tempat ini. Hal ini yang salah satunya membuat gagal system ERP pada perusahaan Aviall. Para karyawan belum terbiasa dengan adanya system baru seperti ini. Sehingga banyak sekali kasus penerapan ERP yang bersamaan dengan penerapan konsep manajemen perubahan (change management), semacam Business Process Reengineering (perubahan secara radikal untuk meningkatkan perbaikan kinerja usaha secara dramatis), yang salah satu konsekuensi logisnya adalah perampingan jumlah karyawan.

Agar tetap berjalan baik, pengelola system harus memperhatikan kendala-kendala dalam penggunaan system ERP. Karena sebenarnya system ERP masih sangat efektif untuk digunakan contohnya, dapat membantu arus barang dan jasa dengan lebih cepat, lebih banyak penjualan dapat diciptakan untuk setiap bulan dan juga beberapa perusahaan yang tidak menggunakan sistem ERP kadang-kadang terpaksa ditutup karena tidak mampu bersaing dengan perusahaan yang menggunakan ERP. Pengendaliannya bisa dengan cara memberikan training khusus pada karyawan agar bisa mengaplikasikan system ini secara baik.

Bagaimana teknologi informasi membawa keberhasilan bisnis baru bagi Aviall? Bagaimana TI mengubah model bisnis Aviall?

Aviall mendapatkan hasil dari investasi TI, dengan teknologi informasi ini menyelamatkannya dari kehancuran keuangan dengan bisnis logistik berskala penuh  yang mengikat Aviall lebih dekat dengan pelanggannya. Penggunaan teknologi informasi ini dapat membuat Aviall memaksimalkan untuk memenuhi permintaan yang berubah dari pelanggan, pemasok, dan mitra bisnis lainnya. Dengan teknologi informasi membuat kenyamanan antarperusahaan dan  efisiensi  dalam penciptaan biaya perpindahan yang akan mengunci para pelanggan dan pemasok di dalamnya. Aviall pun dapat membangun halangan untuk para pesaing atau pihak luar untuk masuk ke industri tersebut karena akan sulit dalam membuat pengganti produk dan jasa sejenis.

TI mengubah model bisnis Aviall bisnis katalog menjadi bisnis logistik berskala penuh yang mempermudah pelanggan dalam pemesanan. Pelanggan dapat memindahkan pesanan mereka dari spreadsheet Exel langsung ke situs Web tersebut dan mengetahui harga dan ketersediaan barang dalam waktu kurang dari lima detik. Ini membebaskan tenaga penjual perusahaan dalam pengambilan keputusan dan penindaklanjutan.

Bagaimana perusahaan-perusahaan lainnya dapat menggunakan pendekatan Aviall untuk menggunakan TI agar dapat meningkatkan keberhasilan bisnis mereka? Berikan beberapa contoh!

Beberapa contoh tersebut seperti:

  • Melakukan pengembangan situs web
  • Mengubah dari bisnis catalog menjadi bisnis logistik berskala penuh
  • Melakukan pemesanan, pengendalian, persediaan, perkiraan permintaan melalui web
  • Aviall menjadi penyedia layanan manajemen rantai pasokan melalui integrasi serangkaian system software yang dijalankan melalui web
  • Menyediakan pemesanan poduk melalui situs web Aviall sehingga dapat menekan biaya
  • Membuat para pelanggan mampu memindahkan pesanan mereka dari spreadsheet excel langsung ke situs web tersebut
  • Membuat para pelanggan dapat menerima informasi harga dan ketersediaan suku cadang dalam hitungan detik
  • Fitur real time
  • Penggunaan TI dapat membebaskan tenaga penjualan perusahaan dari pengembalian pesanan rutin dan penindaklanjutan hinga memungkinkan mereka menghabiskan leih banyak waktu untuk membangun hubungan dengan para pelanggan
  • Situs web membantu membangun hubungan dengan para pemasok dengan menyediakan data pemesanan pelanggan yang memungkinkan mereka menyesuaikan dengan lebih baik produksi dan permintaan
  • Dengan situs web dapat menghasilkan pendapatan tahunan perusahaan

KELOMPOK 9

–          Andika Puspita S

–          Fatwa Fatikha

–          Abetia Fitriani

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Tag Cloud

%d bloggers like this: