Just another WordPress.com site

KELOMPOK 9 : BAB 12

STUDI KASUS 3:
BIO-ERA DAN BURLINGTON NORTHERN SANTA FE:
KASUS BISNIS UNTUK PENGEMBANGAN KERJA SAMA GLOBAL

 

  1. 1.      Bagaimana model sumber terbuka (gratis) dapat mempengaruhi pengembangan software aplikasi untuk bisnis?

Jawab:

Dari kasus tersebut, tantangan yang dilalui adalah tantangan zaman. Karena untuk pengembangan software perlu dilakukan pembaharuan sesuai dengan perkembangan zaman. Namun, untuk menangani hal tersebut harus memiliki tenaga kerja yang berkompeten sesuai dengan bidangnya. Selain itu, untuk tantangan kerjasama global yang lain bisa dilihat dari sisi geoekonomi dan kebudayaan. Suatu perusahaan kadang bisa mengambil keputusan yang lama untuk menerbangkan seorang pakar ketika terjadi masalah TI di lokasi yang jauh. Dan lagi-lagi untuk mengatasinya yaitu dengan merekrut orang-orang yang berpengalaman dibidangnya dan gampang belajar sesuai dengan tantangan yang muncul di tiap zamannya.

 

  1. 2.      Apa saja manfaat bisnis dari pendekatan global atau kerja sama untuk pengembangan software? Gunakan perusahaan dalam kasus ini sebagai contoh.

Jawab:

 

Bio-ERA bekerjasama dengan Assembla yang menyatukan para pengembang dari Ekateringburg, Rusia untuk mengembangkan portal serta alat software yang dapat memprediksi masa depan model kerjasama global terdistribusi atas pengembangan software. Dengan itu, tim dapat bertemu dengan cepat untuk menyelesaikan software yang dikembangkan Assembla dan tim dapat memenuhi kebutuhan bisnis dengan cepat serta biaya yang murah.

Burlington Northern Santa Fe bekerjasama dengan penyedia jasa outsourcing Infosys Technologies mengembangkan aplikasi BNSF dan alat balanced scorecard berbasis Web yang dapat memenuhi kebutuhan dan menyediakan pelayanan yang tepat waktu dan anggaran yang seminimal mungkin. Infosys juga memetakan berbagai faktor yang dibutuhkan perusahaan yang meliputi 14 metriks kinerja dan menciptakan sebuah papan penggerak untuk CIO yang dapat dibawa dan dapat melihat semua metriksnya untuk memeriksa bagaimana keadaan organisasi TI perusahaan dan menggali data untuk mengetahui bagaimana kinerja organisasi tersebut.

 

 

  1. 3.      Apa saja pontensi tantangan atau keterbatasan yang dapat timbul ketika menggunakan pendekatan kerja sama global dalam pengembangan software? Bagaimana perusahaan dapat menangani berbagai tantangan itu?

Jawab :

 

ü  Tim dapat bertemu dengan cepat untuk menyelesaikan pekerjaan .

ü   Memudahkan kerjasama bisnis antar negara (outsourcing)
” menempatkan, mengatur , serta mengelola bakat untuk membentuk rencana portal

ü   Memenuhi permintaan bisnis & menjabarkannya ke bbentuk proyek pengembangan software, serta membuatnya menjadi proyek berjalan yang dapat dikelola dengan tepat.

 

 

 

KELOMPOK 9: ABETIA F, ANDIKA PS, ALIM M, FATWA F

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Tag Cloud

%d bloggers like this: