Just another WordPress.com site

Studi Kasus 4: Boehringer Ingelheim Menggunakan Alat Berbasis Web Untuk Analisis dan Pelaporan Keuangan

Chapter  9  halaman 500 (O’Br)

 

Apa manfaat bisnis dan batasan dari system pelaporan dan analisis keuangan berbasis Web di Boehringer?

Manfaat dari penggunaan system pelaporan dan analisis keuangan berbasis web adalah system ini mempermudah untuk melakukan penjualan yang dapat diakses dan diperbarui di manapun. Salah satu system yang digunakan di sini adalah SAP. Secara pengertian SAP adalah SAP (System Application and Product in data processing ) adalah suatu software yang dikembangkan untuk mendukung suatu organisasi dalam menjalankan kegiatan operasionalnya secara lebih efisien dan efektif. SAP merupakan software Enterprise Resources Planning (ERP), yaitu suatu tools IT dan manajemen untuk membantu perusahaan merencanakan dan melakukan berbagai aktivitas sehari-hari.

Intinya, system berbasis Web yang digunakan perusahaan dapat memberikan kenyamanan dan keefektifan dalam bekerja.  Bisa memberikan kemudahan juga dalam memperoleh laporan-laporan jurnal, buku besar, buku besar pembantu, daftar saldo buku pembantu, neraca saldo, neraca lajur sampai laporan keuangan yang meliputi laba rugi, perubahan modal dan neraca.

Batasan dari system ini adalah masih adanya penundaan laporan karena masing-masing dari bagian organisasi masih menggunakan system yang berbeda. Jadi perlu pengintegrasian terlebih dulu agar pada semua bagian organisasi mampu mengaplikasikan system ini. Sehingga untuk ke depannya proses pelaporan bisa berjalan lancar

 

Manakah dari system pelaporan dan analisis keuangan Boehringer yang merupakan alat SIM? Alat DSS? Mengapa?

Dalam sistem pelaporan dan analisis keuangan Boehringer menggunakan alat SIM yaitu SAP R3. Karena sistem ini merupakan alat pelapor Impromptu dari Cognos Inc untuk melaporkan hasil keuangan dari gudang data yang dikelola oleh Orecle dan data tersebut diperoleh dari sistem SAP setiap malam. Dan alat DSS yang digunakan dalam sistem pelaporan dan analisis keuangan Boehringer adalah software keuangan SAP AG. Software SAP AG ini dapat secara cepat mengonsolidasikan dan menyajikan data keuangan utama secara harian, mingguan, atau bulanan. SAP AG juga memungkinkan untuk menggali dan menarik kesimpulan berdasarkan data operasional dan keuangan terbaru yanga tersedia. Software ini membantu  Boehringer dalam melihat tren negatif dan dapat mengatasinya secara cepat. Ini juga membantu Boehringer menutup pembukuan setelah penutupan bisnis.

Sistem  Informasi Manajemen menyediakan laporan yang telah ditentukan dan tanggapan ke manajer brdasarkan pelaporan periodik, pengecualian, permintaan atau doarongan untuk memenuhi kebutuhan akan informasi guna mendukung pengambialn keputusan.

Sistem Pendukung  Keputusan merupakan sistem informasi berbasis komputer interaktif yang menggunakansoftware DSS dan basis model serta database untuk menyediakan informasi yang sesuai untuk pengambilan keputusan.

 

Bagaimana alat Cognos yang digunakan oleh Boehringer digunakan untuk marketing serta aplikasi pelaporan dan analisis bisnis lainnya?

Aplikasi Pelaporan

–          Alat analisis & keuangan berbasis web -> secara cepat mengonsolidasikan & menyajikan data keuangan utama, harian, minguuan, bulanan.

–          Staf menggunaka berbagai alat software untuk analisis keuangan sehingga tidak perlu lagi menunggu cetakan laporan dan memasukannya secara manual. Proses penutupan hanya tiga hari setiap bulan . termasuk waktu yang di butuhkan untuk rekonsiliasi data dari berbagai sistem yang berbeda-beda.

–          Untuk melaporkan hasil keuangan dari gudang data yang dikelola oleh Oracle, yang memperoleh data dari sistem SAP setiap malam.

–          Impromptu membuat laporan laba rugi standar, pelaporan pusat biaya, dan analisis tingkat akun.

–          Staf akun dapat menggali hingga trans individual

–          Alat Cognos digunakan utnutk dapat cepat menganalisis informasi pendapatan dan pengeluaran dengan mengubah data kolom & baris, serta memasukkan berbagai dimensi dan ukuran seperti anggaran tahun sebelumnya & mendapatkan rincian dari data tersebut.

Marketing

–          Dengan data SAP selama 3,5 tahun, departemen dapat menentukan tren penjualan dan melacak pengeluaran seperti biaya personel, yang sering ditinjau ulang & dibandingkan dengan penjualan bersih serta keuntungan lainnya

–          Cognos Upfron à mengirim laporan melalui browser di intranet Boehringer.

–          Kajian transaksi yang memungkinkan pemakai untuk segera memperoleh ingkasan menurut ekenin pelanggan atau produk.

Analisis Bisnis

–          Perusahaan menggunakan versi berbasis web dari software keuangan SAP AG ,  untuk menggali dan menarik kesimpulan berdasarkan data operasional dan keuangan terbaru yang tersedia à hingga perusahaan dapat mengetahui dimana harus berdiri dan apa tujuannya.

–          Cognos PowerPlay à alat kecerdasan bisnis yang menyediakan pandangan multidimensi terhadap data laba & rugi.

 

Cognos Finance à untuk aplikasi pelaporan . tiap unit harus menutup secara independen  dan kemudian data keuangan di konsolidasi dengan menggunakan spreadsheet excel ke dalam alat ini.

Cognos Upfront à untuk mengirim laporan melalui bowser di Intranet Boehringer.

Cognos PowerPlay à alat kecerdasan bisnis yang menyediakan pandangan multidimensi terhadap data laba & rugi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Tag Cloud

%d bloggers like this: